Siapa yang tak tahu dengan Pabrikan Harley Davidson atau yang biasa kita kenal motor harley atau HD atau Moge... iya kata moge selalu kerap di identikan dengan brand image Harley Davidson ini.
taukah kalian bahwa produsen motor tertua dan brand terbesar asal negeri paman SAM ini terletak di wilayah Milwaukee.

Dahulu Harley Davidson merupakan produsen kendaraan yang di produksi kusus untuk perang... brand Harley-Davidson ini telah berdiri sejak 1903 Didirikan oleh William S. Harley dan Arthur Davidson puluhan tahun lalu, Harley-Davidson telah memproduksi beragam jenis sepeda motor. Bahkan Harley-Davidson juga sempat menjadi perusahaan penghasil sepeda motor terbesar selama Perang Dunia ke-1.

Sebagai produsen kendaraan bermotor tentunya juga tak lain dan tak bukan melalui riset dan menghasilkan berbagai jenis model dan gaya mesin. salah satu yang menjadi ciri Harley Davidson ini adalah mesin V-twin nya... mesin yang memiliki dua silinder dengan model mirip huruf V bersudut 45` dengan CC dan konfigurasi mesin yang besar sehingga mengeluarkan suara yang khas ini ternyata memiliki sejarah yang panjang dari masa-kemasa kali ini S.t.Bikers akan memberikan informasinya.

Tahun 1909 hingga 1911, Harley-Davidson melahirkan mesin V-Twin Atmosfer berawal dari 27 sepeda motor percobaan. Mesin ini berkubikasi 49,5 inci kubik dan diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar tujuh tenaga kuda. Dan sejak saat itu mesin V-Twin 45 derajat Harley-Davidson dilahirkan.

Setelah melahirkan mesin V-Twin Atmosfer, Harley-Davidson pun menghadirkan mesin anyar yang diberi nama F-Head atau Flat Head. Mesin ini dirancang untuk menghasilkan daya yang lebih layak untuk penggunaan di jalan raya. F-Head menonjolkan sistem penyelaan anti air dan volume langkah sebesar 61 atau 74 inci kubik. Selain digunakan untuk tujuan komersil, mesin yang beredar pada 1911 hingga 1929 ini juga digunakan oleh pihak kepolisian pada masa itu.

F-HEAD

Selanjutnya periode 1929-1973, mesin Flathead mengambil alih mesin untuk keseluran produk HD ini. Disebut Flathead lantaran mesin ini memiliki bentuk kepala yang datar. Mesin ini juga tidak memiliki katup di kepala silinder, katupnya sendiri berada di bagian samping mesin. Dan memiliki kemampuan servis dan sistem pelumasan oli resirkulasi.

Nah periode 1936 hingga 1984 tiga mesin legendaris pun hadir. Antaranya Knucklehead pada 1936 hingga 1947, Panhead periode 1948-1965 dan Shovelhead pada 1966 hingga 1984. Ketiganya memiliki julukan masing-masing lantaran bentuk silinder headnya menyerupai bentuk yang unik.



Yang pertama adalah Knucklehead, dijuluki demikian karena bentuk silinder head-nya menyerupai kepalan tangan. Mesin ini juga menjadi mesin pertama Harley-Davidson dengan katup atas dan sirkulasi oli. Dan dianggap sebagai induk dari semua mesin berpendingin udara V-Twin Harley-Davidson serta desainnya terus dipakai hingga saat ini.

1960
PANHEAD


untuk selanjutnya Panhead. Sama dengan Knucklehead, mesin ini mendapat julukan lantaran bentuk penutup silinder head-nya mirip dengan panci yang terbalik. Beda dengan Knucklehead, Panhead memiliki pengangkat katup hidrolik baru, sirkulasi oli lebih baik dan memiliki daya tahan yang lebih baik.

1966
SHOVELHEAD

demikian dengan Shovelhead, nama itu bersal dari bentuk penutup kepala silinder yang mirip dengan sekop. Mesin ini hadir di era sepeda motor chopper dengan mesin baru di model Electra Glide. Keunggulannya kepala alumunium Power Pac, sistem elektris 12 volt, karburator dan sistem timing yang mampu disetel dengan mudah.

Ketiga mesin di atas disebut mesin legendaris karena hingga saat ini mesin-mesin tersebut masih diburu oleh banyak builder di penjuru dunia lho. Selain peredarannya yang cukup banyak, bentuk mesin ketiganya cukup unik. Bahkan begitu banyaknya permintaan akan ketiganya, ada sebuah custom house di Jerman membuat ketiga mesin tersebut. Baru! Bukan rebuild.

LAND EVO

Masuk ke era mesin modern, Harley-Davidson menghadirkan mesin Evolution. Mesin ini merupakan mesin pertama yang dikembangkan dengan bantuan komputer. Mesin dengan teknologi baru yang menjadikannya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, namun memberikan tenaga serta torsi yang besar. Mesin Evolution atau yang disebut Land-Evo itu sendiri beredar pada periode 1984 hingga 1999.

TWIN-CAM

Selanjutnya adalah mesin Twin Cam, mesin ini diklaim memiliki langkah, tenaga dan torsi yang lebih besar. Selain itu sistem pendinginan pun lebih baik ketimbang sebelumnya. 

MILWAUKEE-EIGHT





Dan yang terakhir adalah mesin teranyar Harley-Davidson yang diberi nama Milwaukee-Eight. Mesin ini membawa Harley-Davidson V-Twin ke tingkat yang baru. karena Milwaukee-Eight diklaim menjadi mesin paling bertenaga dan paling dingin dari semua mesin yang dilahirkan Harley-Davidson.